Penentuan nilai transaksi lintas batas antara perusahaan-perusahaan yang berasosiasi (afiliasi), yang umumnya dikenal sebagai transfer pricing, merupakan aspek penting dalam perpajakan internasional bagi perusahaan multinasional maupun administrasi pajak. OECD Transfer Pricing Guidelines berfungsi sebagai standar yang diterima secara internasional untuk penerapan prinsip kewajaran (arm's length principle) pada transaksi-transaksi ini, dengan tujuan untuk mencegah terjadinya pajak berganda dan memastikan alokasi keuntungan yang berprinsip di berbagai yurisdiksi pajak.
Edisi tahun 2022 dari pedoman
ini merupakan konsolidasi dari pekerjaan sebelumnya dan mencakup pembaruan yang
berasal dari proyek Base Erosion and Profit Shifting (BEPS), yang
mencerminkan evolusi berkelanjutan dari kerangka kerja pajak global dalam
menanggapi tantangan ekonomi yang muncul. Inti dari pedoman ini adalah prinsip
kewajaran, yang menyatakan bahwa transaksi antara pihak-pihak terkait harus
dihargai seolah-olah dilakukan antara entitas independen yang beroperasi dalam
keadaan yang sebanding. Analisis kesebandingan merupakan proses fundamental
untuk mengimplementasikan prinsip kewajaran, menyediakan kerangka kerja penting
untuk menentukan apakah kondisi yang ditetapkan dalam transaksi antara
pihak-pihak terkait konsisten dengan kondisi yang akan disepakati oleh
pihak-pihak independen yang terlibat dalam transaksi serupa dalam kondisi yang
serupa.
Tulisan ini akan membahasa
konsep analisis kesebandingan sebagaimana dijelaskan dalam OECD TP
Guidelines 2022, mengeksplorasi definisinya, faktor-faktor kunci yang
mendasarinya, langkah-langkah prosedural yang terlibat dalam pelaksanaannya,
tujuan utamanya dalam ranah transfer pricing, penyesuaian yang mungkin
diperlukan, dan potensi tantangan yang dapat timbul selama penerapannya.
Meskipun pedoman OECD
menyediakan kerangka kerja yang diakui secara global, penting untuk dicatat
bahwa kedudukan hukumnya dapat bervariasi di berbagai yurisdiksi. Misalnya, di
Kanada, pedoman OECD tidak mengikat secara hukum; namun, Mahkamah Agung Kanada
telah mengakui peran signifikannya dalam interpretasi undang-undang transfer
pricing Kanada. Hal ini menyoroti pentingnya pemahaman praktis tentang kerangka
kerja OECD bagi para profesional pajak yang beroperasi di berbagai lingkungan
hukum.
Pembaruan berkelanjutan pada
OECD TP Guidelines, seperti yang dicontohkan oleh edisi tahun 2022,
menggarisbawahi upaya internasional yang terus-menerus untuk memerangi
penggerusan basis pajak dan pengalihan laba serta untuk mengadaptasi
prinsip-prinsip transfer pricing terhadap meningkatnya kompleksitas ekonomi
global. Penyempurnaan berkelanjutan ini mengharuskan para profesional pajak
untuk tetap mengetahui perkembangan terbaru guna memastikan kepatuhan dan
penerapan prinsip kewajaran yang efektif.
Analisis kesebandingan,
sebagaimana didefinisikan oleh OECD, adalah proses membandingkan transaksi
terkontrol, yang terjadi antara pihak-pihak terkait, dengan transaksi tidak
terkontrol, yang terjadi antara pihak-pihak independen. Menurut pedoman tersebut,
transaksi dianggap sebanding jika tidak ada perbedaan di antara keduanya yang
dapat secara material memengaruhi faktor spesifik yang sedang diperiksa dalam
analisis transfer pricing, seperti harga atau margin keuntungan.
Alternatifnya, kesebandingan
juga dapat ditetapkan jika perbedaan material semacam itu ada tetapi
penyesuaian yang cukup akurat dapat dilakukan untuk menghilangkan pengaruhnya.
Tujuan mendasar dari analisis ini adalah untuk memastikan apakah syarat dan ketentuan
yang ditetapkan dalam transaksi antara perusahaan-perusahaan yang berasosiasi
sesuai dengan apa yang akan disepakati oleh perusahaan-perusahaan independen
yang terlibat dalam transaksi yang sebanding dalam keadaan yang sebanding. Pada
dasarnya, analisis kesebandingan berfungsi sebagai landasan utama untuk
penerapan prinsip kewajaran yang efektif dan untuk pemilihan metode transfer
pricing yang paling sesuai untuk situasi tertentu.
Definisi analisis
kesebandingan oleh OECD memberikan penekanan yang signifikan pada konsep
"materialitas" terkait perbedaan antara transaksi terkontrol (independen)
dan tidak terkontrol (afiliasi). Jadi, tidak setiap variasi kecil antara
transaksi akan serta merta merusak kesebandingannya. Sebaliknya, diperlukan
tingkat penilaian profesional untuk menilai apakah perbedaan yang diamati cukup
signifikan untuk berpotensi memengaruhi harga atau margin keuntungan yang
sedang dipertimbangkan.
Pendekatan pragmatis ini
mengakui tantangan inheren dalam menemukan transaksi yang benar-benar identik
dalam dunia perdagangan internasional yang nyata. Lebih lanjut, definisi
tersebut secara eksplisit mengakui kemungkinan untuk melakukan "penyesuaian
yang cukup akurat" untuk memperhitungkan perbedaan. Ini mengakui kenyataan
bahwa pembanding yang sempurna seringkali sulit ditemukan, dan penyesuaian
mungkin diperlukan untuk meningkatkan keandalan perbandingan. Namun, istilah
"cukup akurat" juga menyiratkan bahwa penyesuaian ini harus
didasarkan pada prinsip-prinsip ekonomi yang sehat dan data yang andal,
menyoroti pentingnya modifikasi yang didukung dengan baik dan dapat
dijustifikasi.
OECD menguraikan lima faktor
kesebandingan utama yang harus dipertimbangkan dengan cermat saat melakukan
analisis transaksi terkontrol dan tidak terkontrol. Faktor-faktor ini
menyediakan kerangka kerja terstruktur untuk mengevaluasi tingkat kesamaan antara
transaksi yang sedang diteliti.
Faktor pertama
berkaitan dengan karakteristik properti atau jasa yang dialihkan. Untuk
properti berwujud, ini mencakup pemeriksaan atribut fisik, kualitas, keandalan,
ketersediaan, dan volume pasokan. Ketika berhadapan dengan penyediaan jasa,
sifat dan ruang lingkup jasa yang diberikan merupakan pertimbangan penting.
Dalam konteks properti tidak berwujud, karakteristik yang relevan mencakup
bentuk, jenis, durasi perlindungan hukum, tingkat perlindungan yang diberikan,
dan manfaat yang diantisipasi yang diharapkan dihasilkannya.
Faktor kunci kedua
adalah analisis fungsional, yang melibatkan identifikasi dan
perbandingan terperinci dari fungsi yang dilakukan, aset yang digunakan, dan
risiko yang ditanggung oleh pihak-pihak yang terlibat dalam transaksi
terkontrol maupun tidak terkontrol. Analisis ini, sering disebut sebagai
analisis FAR (Functions, Assets, Risks), mendasar untuk memahami
substansi ekonomi transaksi dan bagaimana nilai diciptakan oleh setiap pihak.
Alokasi fungsi, aset, dan risiko ini secara langsung memengaruhi imbalan yang
diharapkan yang harus diterima oleh setiap pihak.
Faktor ketiga
berkaitan dengan ketentuan kontrak transaksi. Ini mencakup ketentuan
tertulis eksplisit dari setiap perjanjian antara para pihak, seperti jadwal
pembayaran, garansi yang diberikan, diskon volume yang ditawarkan, dan alokasi
tanggung jawab tertentu, serta ketentuan implisit yang mungkin disimpulkan dari
perilaku para pihak. Penting untuk dicatat bahwa OECD menekankan bahwa perilaku
aktual para pihak mungkin perlu dipertimbangkan jika tampaknya menyimpang dari
kontrak tertulis formal, yang mencerminkan prinsip substansi di atas bentuk.
Faktor keempat
adalah keadaan ekonomi para pihak dan pasar tempat mereka beroperasi.
Kategori luas ini mencakup pertimbangan seperti lokasi geografis pasar, ukuran
pasar secara keseluruhan, intensitas persaingan, daya beli konsumen,
ketersediaan barang atau jasa pengganti, kondisi penawaran dan permintaan yang
berlaku, peraturan pemerintah yang relevan, dan biaya yang terkait dengan
transportasi. Selain itu, faktor-faktor ekonomi makro yang lebih luas dan
kondisi spesifik dalam industri yang relevan juga dapat memberikan pengaruh
yang signifikan terhadap penetapan harga.
Terakhir, faktor kunci
kelima adalah strategi bisnis yang diterapkan oleh para pihak. Ini
mencakup elemen-elemen seperti strategi penetrasi pasar, tujuan yang berkaitan
dengan pangsa pasar, pendekatan kepemimpinan biaya, strategi diferensiasi
produk, dan tingkat penghindaran risiko yang ditunjukkan oleh para pihak.
Perbedaan dalam strategi bisnis secara keseluruhan ini dapat memiliki dampak
substansial pada keputusan penetapan harga dan profitabilitas secara
keseluruhan.
Analisis fungsional (FAR)
menonjol sebagai elemen yang sangat penting dalam kerangka analisis
kesebandingan. Dengan memeriksa secara menyeluruh apa yang sebenarnya dilakukan
oleh setiap pihak yang terlibat dalam suatu transaksi, aset apa yang mereka
gunakan dalam menjalankan fungsi tersebut, dan risiko ekonomi signifikan apa
yang mereka tanggung, pemahaman yang lebih mendalam tentang kontribusi
masing-masing terhadap rantai nilai muncul. Pemahaman ini seringkali lebih
informatif daripada perbandingan dangkal terhadap produk atau jasa yang
dipertukarkan. Pedoman OECD sendiri menyusun pembahasan faktor-faktor
kesebandingan di sekitar konsep inti ini, mengakui bahwa alokasi fungsi, aset,
dan risiko adalah pendorong utama bagaimana keuntungan harus didistribusikan di
antara entitas-entitas terkait.
Meskipun kontrak tertulis
formal menyediakan kerangka kerja awal untuk memahami ketentuan suatu
transaksi, pedoman OECD menggarisbawahi pentingnya mempertimbangkan
"substansi ekonomi" – perilaku dan hubungan ekonomi aktual antara
para pihak. Otoritas pajak, seperti yang ditekankan oleh Panduan Transfer
Pricing Pajak Korporasi UEA , akan sering melihat melampaui dokumentasi hukum
untuk memahami sifat sebenarnya dari transaksi antar perusahaan. Fungsi aktual
yang dilakukan, risiko yang ditanggung, dan aset yang digunakan, sebagaimana
dibuktikan oleh perilaku para pihak, kemungkinan akan lebih diutamakan daripada
ketentuan tertulis dalam kontrak ketika menentukan apakah penetapan harga
sesuai dengan prinsip kewajaran.
Keadaan ekonomi dan strategi
bisnis pihak-pihak yang terlibat memperkenalkan elemen konteks yang krusial
dalam analisis kesebandingan. Transaksi yang tampak serupa di permukaan mungkin
tidak benar-benar sebanding jika terjadi di pasar yang sangat berbeda yang
dicirikan oleh berbagai tingkat persaingan, daya beli konsumen, atau pengawasan
peraturan. Demikian pula, perusahaan yang mengejar tujuan strategis yang
berbeda, seperti pertumbuhan pangsa pasar yang agresif versus memaksimalkan
profitabilitas jangka pendek, mungkin mengadopsi kebijakan penetapan harga yang
berbeda. Oleh karena itu, analisis kesebandingan yang komprehensif harus
mempertimbangkan faktor-faktor kontekstual yang lebih luas ini untuk memastikan
perbandingan yang bermakna antara transaksi terkontrol dan tidak terkontrol.
OECD menyediakan proses umum sembilan
langkah yang dapat diadopsi saat melakukan analisis kesebandingan, meskipun
mengakui bahwa ini bukanlah urutan yang wajib atau benar-benar linear dan
mungkin perlu disesuaikan berdasarkan fakta dan keadaan spesifik kasus
tersebut.
Langkah pertama
melibatkan penentuan tahun-tahun yang akan dicakup oleh analisis. Ini
biasanya mencakup tahun fiskal yang sedang diperiksa dan dapat diperpanjang
hingga beberapa tahun sebelumnya untuk menangkap tren ekonomi dan siklus bisnis
yang relevan. Pilihan antara menggunakan data satu tahun atau data multi-tahun
bergantung pada apakah hal itu meningkatkan kesebandingan transaksi yang sedang
dianalisis.
Langkah kedua
adalah analisis berbasis luas terhadap keadaan wajib pajak. Ini
memerlukan pemahaman menyeluruh tentang industri wajib pajak, pasar keseluruhan
tempat mereka beroperasi, sifat dan intensitas persaingan yang mereka hadapi,
dan lingkungan peraturan yang relevan.
Langkah ketiga
berfokus pada pemahaman transaksi terkontrol (afiliasi) yang sedang
diperiksa. Ini melibatkan penggambaran transaksi yang terperinci, termasuk
mengidentifikasi pihak-pihak yang terlibat, sifat spesifik transaksi (misalnya,
penjualan barang, penyediaan jasa, pengalihan aset tidak berwujud), dan
melakukan analisis fungsional yang komprehensif untuk memahami fungsi yang
dilakukan, aset yang digunakan, dan risiko yang ditanggung oleh setiap pihak.
Langkah keempat
adalah peninjauan pembanding internal yang ada, jika ada. Pembanding
internal adalah transaksi yang terjadi antara salah satu pihak terkait yang
terlibat dalam transaksi terkontrol dan pihak ketiga yang independen. Ini
sering dianggap lebih andal daripada pembanding eksternal karena keterlibatan
langsung salah satu pihak yang sama.
Langkah kelima
melibatkan penentuan sumber informasi yang tersedia tentang pembanding
eksternal. Pembanding eksternal adalah transaksi yang terjadi antara dua
pihak independen, yang tidak satu pun merupakan pihak dalam transaksi
terkontrol. Mengidentifikasi ini biasanya melibatkan pencarian melalui database
komersial, informasi keuangan yang tersedia untuk umum, dan sumber relevan
lainnya.
Langkah keenam
adalah pemilihan metode transfer pricing yang paling sesuai. Pilihan
metode akan bergantung pada karakteristik spesifik transaksi terkontrol dan
ketersediaan data pembanding yang andal.
Langkah ketujuh
adalah identifikasi potensi pembanding. Berdasarkan pemahaman tentang
transaksi terkontrol dan faktor-faktor kesebandingan utama yang diidentifikasi
sebelumnya, transaksi atau perusahaan tidak terkontrol potensial diidentifikasi
yang memenuhi kriteria yang relevan. Ini sering melibatkan penerapan kriteria
penyaringan berdasarkan klasifikasi industri, profil fungsional, dan
karakteristik penting lainnya.
Langkah kedelapan
melibatkan penentuan dan penerapan penyesuaian kesebandingan, jika
sesuai. Jika perbedaan material ditemukan antara transaksi terkontrol dan
potensi pembanding, penyesuaian mungkin diperlukan untuk meningkatkan
kesebandingannya. Penyesuaian ini hanya boleh dilakukan jika diharapkan dapat
meningkatkan keandalan analisis secara keseluruhan.
Langkah kesembilan dan
terakhir adalah interpretasi dan penggunaan data yang terkumpul serta
penentuan remunerasi kewajaran. Ini melibatkan analisis data keuangan dari
transaksi tidak terkontrol yang sebanding yang dipilih, yang mungkin setelah
dilakukan penyesuaian, untuk menetapkan harga kewajaran atau kisaran harga yang
akan dianggap dapat diterima untuk transaksi terkontrol.
OECD secara eksplisit
menyatakan bahwa proses analisis kesebandingan seringkali bersifat iteratif
daripada benar-benar berurutan. Seiring dengan bertambahnya informasi yang
terkumpul atau munculnya tantangan dalam mengidentifikasi pembanding yang
sesuai, mungkin perlu untuk meninjau kembali langkah-langkah sebelumnya dalam
proses tersebut. Misalnya, pencarian awal untuk pembanding eksternal mungkin
mengungkapkan bahwa pemahaman tentang transaksi terkontrol perlu disempurnakan,
atau bahkan metode transfer pricing yang berbeda akan lebih tepat mengingat
data yang tersedia.
Jika tersedia dan andal,
pembanding internal umumnya lebih disukai daripada pembanding eksternal.
Preferensi ini berasal dari fakta bahwa pembanding internal melibatkan salah
satu pihak yang sama dengan transaksi terkontrol, yang dapat menghasilkan perbandingan
faktor relevan lainnya yang lebih akurat. Transaksi perusahaan multinasional
sendiri dengan pihak ketiga yang tidak terkait dapat memberikan tolok ukur yang
berharga, karena seringkali mencerminkan model bisnis, kondisi pasar, dan
profil fungsional yang serupa.
Pemilihan metode transfer
pricing yang paling sesuai memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
langkah-langkah selanjutnya dalam analisis kesebandingan. Metode yang berbeda
bergantung pada jenis data pembanding yang berbeda dan memeriksa indikator
keuangan yang berbeda. Misalnya, metode Harga Tidak Terkontrol yang
Sebanding (Comparable Uncontrolled Price - CUP) memerlukan tingkat kesamaan
yang tinggi dalam produk atau jasa yang dialihkan, sementara metode seperti Metode
Margin Laba Bersih Transaksional (Transactional Net Margin Method - TNMM)
mungkin lebih fokus pada kesebandingan fungsional pihak-pihak yang terlibat.
Oleh karena itu, pilihan metode transfer pricing akan memandu pencarian
pembanding dan jenis data yang perlu dikumpulkan dan dianalisis.
Tujuan utama analisis
kesebandingan dalam transfer pricing adalah untuk memastikan
apakah syarat dan ketentuan transaksi terkontrol sesuai dengan prinsip
kewajaran. Dengan membandingkan transaksi antar perusahaan terkait dengan
transaksi serupa antara entitas independen, analisis ini bertujuan untuk
menentukan apakah penetapan harga transaksi terkontrol mencerminkan hasil
berbasis pasar. Proses ini berfungsi sebagai dasar fundamental untuk memilih
metode transfer pricing yang paling sesuai untuk transaksi tertentu. Melalui
identifikasi dan evaluasi transaksi tidak terkontrol yang sebanding, analisis
kesebandingan memungkinkan penentuan harga kewajaran atau kisaran harga yang
diharapkan jika transaksi tersebut terjadi antara pihak-pihak yang tidak
terkait.
Analisis kesebandingan penting
untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan transfer pricing di berbagai
yurisdiksi pajak. Dengan menunjukkan bahwa transaksi antar perusahaan dihargai
secara wajar, perusahaan multinasional dapat mengurangi risiko audit pajak,
potensi denda, dan sengketa dengan otoritas pajak. Lebih lanjut, analisis yang
dilaksanakan dengan baik meningkatkan transparansi dan tata kelola perusahaan
yang baik, yang dapat meningkatkan kepercayaan investor dan pemangku
kepentingan lainnya terhadap pelaporan keuangan dan praktik pajak perusahaan.
Pada akhirnya, tujuan analisis kesebandingan sejalan dengan tujuan yang lebih
luas dari pekerjaan OECD tentang transfer pricing: untuk mencegah pengalihan
keuntungan secara artifisial ke yurisdiksi dengan pajak rendah dan untuk
memastikan bahwa keuntungan kena pajak dilaporkan di lokasi tempat kegiatan
ekonomi aktual yang menghasilkan keuntungan tersebut berlangsung.
Analisis kesebandingan melibatkan
pembuktian komprehensif tentang sifat kewajaran seluruh transaksi berdasarkan
pemahaman menyeluruh tentang realitas ekonomi yang mendasarinya. Ini memerlukan
penyelidikan mendalam terhadap fungsi yang dilakukan, aset yang digunakan, dan
risiko yang ditanggung oleh setiap pihak, serta konteks pasar dan ekonomi yang
lebih luas di mana transaksi terjadi. Tidak cukup hanya membandingkan harga;
analisis harus menunjukkan bahwa keseluruhan hubungan komersial dan keuangan
antara pihak-pihak terkait konsisten dengan yang akan ada antara entitas
independen.
Analisis kesebandingan yang
disiapkan dengan cermat dan didokumentasikan dengan baik berfungsi sebagai
bukti penting jika terjadi audit pajak. Dengan menunjukkan pendekatan yang
wajar dan dapat dijustifikasi terhadap transfer pricing berdasarkan tolok ukur
pasar, perusahaan berpotensi menghindari penyesuaian yang mahal terhadap
pendapatan kena pajak mereka dan pengenaan denda. Ketelitian analisis dan
kualitas dokumentasi pendukung seringkali menjadi faktor kunci dalam hasil
peninjauan otoritas pajak.
Penyesuaian kesebandingan
adalah modifikasi yang dilakukan terhadap kondisi atau data keuangan transaksi
terkontrol atau pembanding tidak terkontrol untuk memperhitungkan perbedaan
material yang dapat memengaruhi harga atau margin keuntungan yang sedang dianalisis.
Penyesuaian ini sangat penting untuk meningkatkan keandalan analisis
kesebandingan ketika pembanding yang sempurna tidak tersedia. Namun, pedoman
OECD menetapkan bahwa penyesuaian ini hanya boleh diterapkan jika diharapkan
dapat meningkatkan keandalan hasil analisis.
Beberapa jenis penyesuaian
kesebandingan umum sering digunakan. Penyesuaian modal kerja digunakan
untuk memperhitungkan perbedaan tingkat persediaan, piutang usaha, dan utang
usaha yang dimiliki oleh pihak yang diuji dan perusahaan pembanding.
Penyesuaian ini bertujuan untuk menetralkan dampak perbedaan persyaratan
perdagangan dan praktik pengelolaan persediaan terhadap profitabilitas.
Penyesuaian konsistensi
akuntansi dilakukan untuk menghilangkan efek perbedaan prinsip atau
praktik akuntansi yang diadopsi oleh entitas yang dibandingkan. Misalnya,
perbedaan metode penilaian persediaan (seperti FIFO vs. LIFO) dapat memerlukan
penyesuaian semacam itu. Dalam situasi di mana perusahaan pembanding terlibat
dalam berbagai kegiatan bisnis, segmentasi data keuangan mungkin
diperlukan untuk mengisolasi hasil keuangan yang terkait dengan kegiatan
spesifik yang sebanding dengan transaksi terkontrol.
Penyesuaian mungkin juga
diperlukan untuk memperhitungkan perbedaan profil fungsional entitas
yang dibandingkan, yang mencerminkan variasi fungsi yang dilakukan, aset yang
digunakan, atau risiko yang ditanggung. Selain itu, perbedaan ketentuan
kontrak, seperti persyaratan pembayaran atau alokasi biaya, juga dapat
memerlukan penyesuaian. Terakhir, keadaan ekonomi, seperti perbedaan
pasar geografis atau variasi kondisi ekonomi, terkadang dapat diatasi melalui
penyesuaian kesebandingan.
Pedoman OECD memperingatkan
bahwa keputusan untuk melakukan penyesuaian kesebandingan memerlukan
pertimbangan yang cermat. Penyesuaian yang diterapkan dengan buruk atau
berlebihan dapat menimbulkan lebih banyak distorsi daripada yang
dihilangkannya, yang berpotensi mengurangi keandalan analisis daripada
meningkatkannya. Oleh karena itu, setiap penyesuaian yang dilakukan harus
beralasan baik, didukung oleh prinsip-prinsip ekonomi yang sehat dan data
yang andal, serta didokumentasikan secara menyeluruh. Otoritas pajak sering
kali meneliti penyesuaian kesebandingan dengan cermat, dan penyesuaian yang
tidak didukung atau terlalu agresif dapat merusak kredibilitas analisis
transfer pricing wajib pajak.
Kebutuhan akan penyesuaian
kesebandingan dapat sangat terasa dalam konteks tertentu, seperti transaksi
yang melibatkan aset unik atau kompleks seperti aset tidak berwujud yang sulit
dinilai (hard-to-value intangibles - HTVI). Dalam kasus ini,
penyesuaian mungkin diperlukan untuk memperhitungkan perbedaan manfaat masa
depan yang diharapkan atau risiko inheren yang terkait dengan aset tidak
berwujud yang dibandingkan. Selain itu, OECD telah memberikan panduan khusus
untuk mengatasi tantangan kesebandingan yang timbul dari peristiwa ekonomi unik
seperti pandemi COVID-19. Panduan ini mengakui potensi dampak peristiwa semacam
itu terhadap kondisi pasar dan kinerja keuangan bisnis, yang menunjukkan bahwa
penyesuaian atau evaluasi ulang pembanding mungkin diperlukan untuk memastikan
analisis transfer pricing tetap andal selama periode gangguan ekonomi yang
signifikan.
Melakukan analisis
kesebandingan yang kuat, meskipun mendasar bagi transfer pricing, dapat
menimbulkan beberapa tantangan dan kesulitan signifikan, terutama bagi
perusahaan multinasional dengan operasi global yang rumit.
Salah satu kendala paling umum
adalah kesulitan inheren dalam menemukan pembanding yang "sempurna" –
transaksi atau perusahaan tidak terkontrol yang identik dengan transaksi
terkontrol dalam semua aspek yang dapat secara material memengaruhi harga atau
keuntungan. Kenyataannya adalah bahwa transaksi yang benar-benar identik
jarang ada di pasar, sehingga memerlukan pendekatan pragmatis yang berfokus
pada identifikasi pembanding paling andal yang tersedia dan kemudian
mempertimbangkan apakah penyesuaian yang tepat dapat dilakukan.
Tantangan besar lainnya
terletak pada bidang ketersediaan data. Akses ke informasi yang komprehensif
dan andal tentang transaksi tidak terkontrol yang sebanding, terutama di
industri atau wilayah geografis tertentu, dapat terbatas. Kurangnya data yang
memadai ini dapat secara signifikan menghambat kemampuan untuk menentukan harga
atau margin keuntungan kewajaran secara andal. Wajib pajak dan administrasi
pajak sama-sama mungkin kesulitan menemukan informasi yang diperlukan untuk
melakukan analisis yang menyeluruh.
Proses penentuan dan penerapan
penyesuaian kesebandingan memperkenalkan tingkat subjektivitas ke dalam
analisis. Memutuskan penyesuaian mana yang diperlukan, bagaimana
perhitungannya, dan besarnya dampaknya seringkali memerlukan penilaian dan
keahlian profesional yang signifikan. Interpretasi dan metodologi yang berbeda
dapat menghasilkan hasil yang bervariasi, yang berpotensi menciptakan poin
perselisihan antara wajib pajak dan otoritas pajak.
Peristiwa ekonomi unik,
seperti pandemi COVID-19, juga dapat menimbulkan tantangan yang cukup besar
untuk analisis kesebandingan. Peristiwa semacam itu dapat secara drastis
mengubah kondisi pasar, mengganggu rantai pasokan, dan secara signifikan
memengaruhi kinerja keuangan perusahaan. Hal ini dapat mengurangi keandalan
data historis yang secara tradisional digunakan dalam analisis kesebandingan
dan mungkin memerlukan pertimbangan data kontemporer yang mencerminkan dampak
spesifik peristiwa tersebut pada wajib pajak dan potensi pembanding.
Perusahaan multinasional juga
harus menavigasi kompleksitas peraturan dan persyaratan transfer pricing yang
berbeda di berbagai yurisdiksi pajak tempat mereka beroperasi. Meskipun pedoman
OECD menyediakan kerangka kerja umum, masing-masing negara mungkin memiliki
aturan, interpretasi, dan preferensi spesifik mereka sendiri mengenai
penerimaan pembanding asing, metodologi untuk melakukan penyesuaian, dan
penerapan prinsip kewajaran secara keseluruhan. Keanekaragaman yurisdiksi ini
dapat menambah lapisan kompleksitas pada proses analisis kesebandingan.
Meningkatnya kecanggihan model
bisnis dan munculnya ekonomi digital menghadirkan kendala lebih lanjut. Metode
analisis kesebandingan tradisional, yang seringkali bergantung pada produk
berwujud dan rantai nilai yang lebih sederhana, mungkin kesulitan untuk
mengatasi karakteristik unik bisnis digital yang sangat terintegrasi dan rantai
pasokan global yang kompleks. Hal ini mungkin memerlukan pengembangan dan
penerapan pendekatan yang lebih bernuansa dan inovatif terhadap kesebandingan.
Terakhir, masalah yang dapat
menciptakan tantangan signifikan adalah potensi asimetri informasi antara
wajib pajak dan otoritas pajak. Dalam beberapa kasus, otoritas pajak
mungkin memiliki akses ke data kepemilikan atau rahasia tentang transaksi yang
sebanding yang tidak tersedia bagi wajib pajak (kadang-kadang disebut sebagai
"pembanding rahasia"). Kurangnya transparansi ini dapat menyulitkan
wajib pajak untuk sepenuhnya memahami dan mempertahankan posisi transfer
pricing mereka, yang berpotensi menyebabkan sengketa dan kurangnya keadilan
dalam proses audit.
Kesimpulannya, analisis
kesebandingan merupakan landasan penerapan prinsip kewajaran sebagaimana
diartikulasikan dalam OECD Transfer Pricing Guidelines 2022. Ini adalah
proses sistematis yang melibatkan perbandingan terperinci antara transaksi
terkontrol dan transaksi tidak terkontrol, dengan mempertimbangkan secara
cermat lima faktor utama: karakteristik properti atau jasa, analisis fungsional
(fungsi, aset, dan risiko), ketentuan kontrak, keadaan ekonomi, dan strategi
bisnis pihak-pihak yang terlibat.
Meskipun OECD menyediakan
kerangka kerja terstruktur untuk melakukan analisis ini, pelaksanaannya
seringkali memerlukan pendekatan iteratif dan penggunaan penilaian profesional,
terutama ketika menentukan kebutuhan dan penerapan penyesuaian kesebandingan.
Tujuan utama analisis kesebandingan adalah untuk memastikan bahwa transaksi
antara pihak-pihak terkait dihargai dengan cara yang konsisten dengan transaksi
antara pihak-pihak independen, sehingga memfasilitasi alokasi keuntungan yang
adil dan mencegah penghindaran pajak.
Terlepas dari pentingnya yang
krusial, melakukan analisis kesebandingan yang kuat penuh dengan potensi
tantangan, termasuk kelangkaan pembanding yang sempurna, keterbatasan
ketersediaan data, subjektivitas inheren dalam melakukan
penyesuaian, dan kompleksitas yang timbul dari peristiwa ekonomi global dan
beragam peraturan yurisdiksi. Pada akhirnya, analisis kesebandingan yang
menyeluruh dan terdokumentasi dengan baik, yang mematuhi prinsip-prinsip yang
diuraikan dalam pedoman OECD, sangat diperlukan bagi perusahaan multinasional
yang berupaya untuk mematuhi peraturan transfer pricing, mengurangi risiko
terkait pajak, dan membuktikan sifat kewajaran transaksi antar perusahaan
mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar